Cari Bibit Atlet Unggul, KONI Gelar Porkab Sidoarjo 2016

Cari Bibit Atlet Unggul, KONI Gelar Porkab Sidoarjo 2016
SIMBOLIS: Ketua KONI Sidoarjo M Franki Effendi melakukan serve, saat pembukaan Porkab Sidoarjo 2016, di GOR Voli Pasir, Sidoarjo, Jumat (18/11). foto: mustain/ bangsaonline

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sidoarjo menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Sidoarjo 2016, mulai Jumat (18/11) hingga Minggu (27/11). Dalam Porkab Sidoarjo 2016 ini, sebanyak 31 cabang olahraga (Cabor) bakal dipertandingkan. Atlet cabor ini berasal dari 18 Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

Porkab Sidoarjo 2016 resmi dibuka oleh Ketua KONI Sidoarjo M Franki Effendi, bersamaan digelarnya pertandingan final cabor voli pasir, GOR Voli Pasir Sidoarjo, Jumat (18/11).

“Kami optimis jika kegiatan ini bisa memunculkan bibit-bibit muda. Mengingat seluruh kecamatan di Sidoarjo hampir seluruhnya mengeluarkan atlet terbaik mereka untuk mengikuti kegiatan ini. Meskipun ada beberapa cabang olahraga yang sepenuhnya tidak bisa diikuti, seperti cabang olahraga tinju,” cetus M Franki Effendi.

Franki menambahkan, KONI akan terus berupaya menumbuhkan serta mengembangkan seluruh potensi yang ada di seluruh kecamatan di Sidoarjo. Sebab 18 kecamatan yang ada memiliki kesempatan yang sama untuk memunculkan serta memiliki bibit atlet unggulan, baik di tingkat nasional hingga internasional.

“Semua kecamatan punya kesempatan dan peluang yang sama untuk menampilkan atlet-atlet terbaik mereka,” ujarnya.

Dijelas Franki, KONI Sidoarjo ke depan juga akan melakukan sertifikasi bagi para pelatih sehingga mampu bekerja secara profesional dan memberikan pelatihan serta melahirkan atlet yang bakal membanggakan Kabupaten Sidoarjo.

“Kami juga akan melakukan sertifikasi kepada pelatih untuk menjadi seorang pelatih yang profesional di bidangnya, serta memberikan pelatihan yang bagus kepada para atlet. Begitu juga dengan wasit, juga akan dilakukan pelatihan supaya menjadi wasit yang setara nasional atau bahkan internasional,” imbuhnya.

Sementara, dalam pertandingan babak semifinal cabor voli pasir, telah menghasilkan juara, yakni untuk putra, juara 1 diraih oleh Kecamatan Porong, juara 2 dari Kecamatan Kota Sidoarjo, dan juara 3 berasal dari Kecamatan Candi.

Sementara, untuk putri, juara 1 diraih oleh Kecamatan Tanggulangin, juara 2 dari Kecamatan Sidoarjo, dan juara 3 dari Kecamatan Krembung. Dalam pertandingan cabor ini, diikuti oleh 14 tim putra dan putri. Tim-tim ini berasal dari sejumlah kecamatan di Sidoarjo. (sta/rev)