Cetak Atlet Berbasis Sport Science, KONI Sidoarjo Matangkan Kerjasama dengan Unesa

Cetak Atlet Berbasis Sport Science, KONI Sidoarjo Matangkan Kerjasama dengan Unesa
Pengurus KONI Sidoarjo mengunjungi Achilles Sport Science Fitness Center Unesa, di Surabaya, Selasa (13/6). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.comĀ – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sidoarjo mematangkan kerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam rangka membina atlet berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) atau biasa disebut Sport Science.

Itu dilakukan dengan mengunjungi Achilles Sport Science Fitness Center di kompleks kampus Unesa, di Surabaya, Selasa (13/6). Sebelumnya, KONI Sidoarjo telah meneken MoU dengan Unesa di sela Rapat Kerja (Raker) KONI Sidoarjo, di Hotel Puncak Ayanna, Trawas, Mojokerto, 23 Mei 2017 lalu.

Kala kunjungan ke Unesa, rombongan pengurus KONI Sidoarjo dipimpin Ketua Umum KONI Sidoarjo M Franki Effendi, ditemui Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unesa, Prof Dr Nur Hasan, M Kes, dan jajarannya.

“Kami berharap dengan kerjasama ini menjadikan Sidoarjo sebagai barometer olahraga di Jawa Timur,” ungkap Nur Hasan.

Nur Hasan pun menyilakan KONI Sidoarjo untuk memanfaatkan semua SDM dan sarana prasarana yang dimiliki FIK Unesa bagi kemajuan atlet dan olahraga di Sidoarjo. “Monggo dimanfaatkan,” cetusnya saat menerima kunjungan pengurus KONI Sidoarjo yang didampingi Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Sidoarjo, Djoko Supriyadi.

Dalam kesempatan itu, Nur Hasan juga menyampaikan sejumlah masukan kepada pengurus KONI Sidoarjo. Di antaranya mendorong KONI Sidoarjo melakukan pemetaan terhadap cabang olahraga (Cabor). Sehingga nantinya ada cabor unggulan dari Sidoarjo. “Bila perlu, Sidoarjo biar bisa jadi kulakan atlet,” bebernya.

Ketua Umum KONI Sidoarjo, M Franki Effendi mengatakan pihaknya sangat berharap kerjasama dengan Unesa berjalan sesuai harapan. “Kami berharap bisa memajukan olahraga di Sidoarjo, khususnya melalui pembinaan memakai Sport Science. Kami berharap bisa mencetak atlet berprestasi dan berkualitas,” ungkap M Franki Effendi.

Kata Franki, pihaknya juga telah membentuk tim khusus untuk mendampingi Cabor-Cabor di Sidoarjo. Pendampingan tersebut salah satunya bertujuan untuk memaksimalkan program cabor dalam rangka mencetak bibit-bibit atlet handal sehingga siap berlaga mengikuti kejuaraan-kejuaraan regional dan nasional.

Selain berdiskusi dengan jajaran FIK Unesa, pengurus KONI Sidoarjo juga berkesempatan langsung melihat sejumlah fasilitas di Achilles Sport Science Fitnes Center, di kompleks kampus Unesa. Di laboratorium olahraga ini, pengurus KONI Sidoarjo disambut langsung oleh Direktur Achilles Sport Science Fitnes Center, Prof Dr Hari Setiono MPd.

Selain di antaranya untuk melakukan tes Measurement (tes pengukuran), Achilles Sport Science Fitnes Center ini juga dilengkapi fasilitas canggih untuk rehabilitasi para atlet yang mengalami cedera olahraga. Hampir dua jam, para pengurus KONI Sidoarjo melihat langsung peralatan-peralatan tes olahraga seraya menerima penjelasan dari Prof Dr Hari Setiono MPd, tentang fungsi peralatan tersebut. (sta/rev)