Cetak Atlet Unggul, KONI Sidoarjo Bekali Pelatih Soal Sport Science

Cetak Atlet Unggul, KONI Sidoarjo Bekali Pelatih Soal Sport Science
FOTO BARENG: Bupati Sidoarjo dan Komisi D DPRD Sidoarjo saat Pembekalan IPTEK Olahraga bagi pelatih, di Achilles Sport Science Fitness Center Unesa, Sabtu (23/9). foto: mustain/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sidoarjo melakukan pembekalan IPTEK Olahraga (Sport Science) bagi pelatih, di gedung Achilles Sport Science Fitness Center Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Sabtu (23/9).

Pembekalan Sport Science kepada pelatih ini bagian dari upaya KONI Sidoarjo untuk mencetak bibit atlet unggul dan berprestasi. Kegiatan ini diikuti pelatih dari 38 Cabor yang masing-masing Cabor mengirimkan 3 pelatih.

Ketua Umum KONI Kabupaten Sidoarjo, M Franki Efendi mengatakan, pihaknya berupaya mencetak atlet unggul dan berkualitas menggunakan sport science. Langkah pembinaan itu diawali dengan meneken kerjasama dengan Unesa.

Menurut Franki, pihaknya perlu memberikan pembekalan tentang sport science kepada para pelatih karena para pelatih inilah yang nanti akan intens mendampingi para atlet. “Sebelum atlet, pelatih juga kita bekali dengan sport science ini,” tandasnya.

Pria yang berlatar belakang pengusaha ini menyatakan KONI Sidoarjo bisa jadi yang kali pertama di Indonesia menggunakan sport science untuk melakukan pembinaan pada atlet-atlet sebagai upaya mencetak atlet unggul dan berprestasi. “Kami insyaallah satu-satunya di Indonesia, yang memakai pendekatan Sport Science,” tegasnya.

Kala membuka kegiatan ini, Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah memberikan apresiasi kepada KONI Sidoarjo yang meningkatkan SDM para pelatih untuk meningkatkan prestasi olahraga. “Sehingga nantinya prestasi yang dicapai atlet, betul-betul memang berhasil karena kemampuannya, bukan karena main sogok,” tandas Saiful Ilah.

Kata bupati, dengan meningkatkan SDM pelatih, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan atlet. Dan pembekalan sport science kepada pelatih menjadi salah satu upaya meningkatkan SDM para pelatih. “Kami berharap pelatih dapat meningkatkan mutu cabor dan atlet Kabupaten Sidoarjo,” tegas Bupati yang juga politisi PKB ini.

Selain Bupati, acara ini juga dihadiri Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Sidoarjo, Djoko Supriyadi. Turut hadir, Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, H Usman yang datang didampingi beberapa anggota komisi D. Selain itu hadir pula Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa, Prof Dr Nur Hasan, M Kes.

Dalam acara pembekalan, pelatih Cabor se-Sidoarjo ini mendapatkan beragam materi tentang Sport Science. Materi ini diantaranya juga di sampaikan langsung oleh Direktur Achilles Sport Science Fitnes Center, Prof Dr Hari Setiono MPd.

Selain itu ada materi tentang tes dan pengukuran, materi program latihan fisik dan kemampuan gerak dasar manusia. Materi pembekalan itu disampaikan oleh sejumlah dosen dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Unesa. (sta/rev)