Dikunjungi KONI Jepara, KONI Sidoarjo Beber Program Sport Science

Dikunjungi KONI Jepara, KONI Sidoarjo Beber Program Sport Science
CINDERAMATA: Ketua KONI Sidoarjo M Franki Effendi memberi kenang-kenangan Ketua KONI Jepara Sutedjo, di Ops Room Kantor Pemkab Sidoarjo, Selasa (21/3). foto: mustain/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sidoarjo menerima kunjungan studi banding KONI Kabupaten Jepara, Jateng, di Operasional Room Kantor Pemkab Sidoarjo, Selasa (21/3).

Dalam pertemuan hampir empat jam ini, Ketua KONI Sidoarjo M Franki Effendi menyampaikan sejumlah program sebagai upaya meningkatkan prestasi olahraga dan pembinaan atlet. Salah satunya tentang program Sport Science.

“Untuk mencetak bibit atlet yang unggul, salah satunya kami tempuh melalui program Sport Science,” cetus Franki

Kata Franki, program tersebut bekerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang diketahui memiliki SDM dan sarana prasarana untuk mengukur kemampuan atlet secara ilmiah dan terukur.

“Kita juga berupaya meningkatkan kualitas pelatih untuk mewujudkan peningkatan kualitas atlet,” tandasnya di depan rombongan pengurus KONI Jepara yang datang disertai Komisi C DPRD Kabupaten Jepara.

Franki juga bercerita soal pentingnya peran serta masyarakat dan pihak swasta untuk memajukan olahraga. Dia lalu mencontohkan keberadaan Akademi Voli Indomaret di Kabupaten Sidoarjo yang turut serta mencetak atlet bola voli. “Peran serta masyarakat perlu dilibatkan dalam memajukan olahraga,” jlentreh sosok berlatar belakang pengusaha ini.

Franki juga menyampaikan adanya dukungan yang baik dan maksimal dari Pemkab Sidoarjo dan DPRD Sidoarjo terhadap KONI Sidoarjo, dalam hal ini terkait bantuan dana hibah. Dengan dukungan eksekutif dan legislatif tersebut, KONI Sidoarjo berharap bisa meningkatkan prestasi dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2018 mendatang.

“Pada Porprov Tahun 2015 lalu, Kabupaten Sidoarjo menduduki peringkat keempat se-Jatim. Kami berharap Porprov 2018 nanti bisa meningkat. Tidak muluk-muluk semoga bisa nomor dua,” harap Franki.

KONI Jepara Sutedjo mengaku banyak mendapatkan masukan dari KONI Sidoarjo. Soal perhatian dari Pemkab dan DPRD misalnya, Sutedjo mengaku pihaknya sudah lumayan dapat perhatian dibandingkan dengan KONI lain di Jateng.

“Misalnya jika dinilai sampai sepuluh, kami masih urutan ketujuh dalam hal perhatian dari Pemkab dan DPRD,” tandas Sutedjo.

Sama seperti KONI Sidoarjo, Sutedjo juga mengungkapkan jika KONI Jepara juga menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang berbasis atlet dari kecamatan. KONI Jepara juga membuat kelas olahraga untuk membina siswa dalam rangka mencari bibit atlet.

Wakil Ketua DPRD Jepara Pratikno yang memimpin rombongan studi banding KONI Jepara mengaku sejumlah hal yang telah disampaikan KONI Sidoarjo dan Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Usman dalam pertemuan, menjadi catatan untuk menjadi perbandingan dalam meningkatkan bidang olahraga di Kabupaten Jepara. “Terus terang kami banyak dapat masukan dari kunjungan ke Kabupaten Sidoarjo ini,” tandas Pratikno.

Selain dihadiri para pengurus KONI Sidoarjo dan Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Usman, pertemuan menyambut studi banding KONI Jepara ini juga dihadiri Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Sidoarjo, Djoko Supriyadi yang didampingi dua pejabat Disporpar yang menangani bidang olahraga. (sta/rev)