Gelar Rapat Kerja, KONI Sidoarjo Siapkan Cabor Hadapi Porprov Jatim 2018

Gelar Rapat Kerja, KONI Sidoarjo Siapkan Cabor Hadapi Porprov Jatim 2018
Ketua Umum KONI Sidoarjo M Franki Effendi menandatangani MoU dengan BNK, Unesa, Dikbud dan SMANOR saat Raker, di Hotel Puncak Ayanna, Trawas Mojokerto, Selasa (23/5) lalu. foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sidoarjo berupaya sedini mungkin menghadapi ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur Tahun 2018.

Itu dilakukan dengan menggelar Rapat Kerja (Raker) yang diikuti pengurus KONI Sidoarjo dan 38 Cabang Olahraga (Cabor), pada Selasa (23/5) hingga Rabu (24/5), di Hotel Puncak Ayanna, Trawas Mojokerto.

Menurut Ketua Umum KONI Sidoarjo M Franki Effendi, pihaknya berharap kepengurusan KONI periode 2016-2020 bersama dengan para Cabor, menyatukan visi-misi dan tekad serta semangat, meraih prestasi yang lebih baik untuk olahraga di Kabupaten Sidoarjo.

Tekad meraih prestasi itu, di antaranya menghadapi ajang Porprov Jawa Timur Tahun 2018 mendatang, yang direncanakan digelar di Kabupaten Gresik. “Tahun 2018 ada Porprov Jatim dan kami ditarget untuk menjadi nomer satu. Karena itu kami butuh dukungan semua pihak, baik dari Pemkab dan DPRD, termasuk dari para Cabor,” cetus M Franki Effendi, Kamis (25/5).

Karena itu, kata Franki, dalam raker selama dua hari itu, pihaknya juga melakukan eksplorasi terhadap kesiapan 38 Cabor untuk menghadapi Porprov Jatim 2018, dengan meminta para Cabor menyetor proposal kegiatan selama tahun 2017, yang di antaranya berisikan data nama-nama atlet yang disiapkan untuk ajang kejuaraan olahraga tingkat Provinsi Jatim tersebut.

Selain itu, juga meminta Cabor melakukan presentasi program-program latihan bagi para atletnya. “Program yang disampaikan para Cabor ini menjadi bahan pendukung bagi KONI untuk mensinergikan langkah dalam menghadapi Porprov Jatim 2018 tersebut,” tandas pria yang sehari-hari juga dikenal sebagai pengamat transportasi publik ini.

Raker KONI Sidoarjo tahun 2017 ini dibuka oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, pada Selasa (23/5) malam lalu. Kala membuka Raker KONI Sidoarjo, Bupati H Saiful Ilah berharap sumbangan pemikiran peserta yang mengikuti raker, dapat memicu peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Sidoarjo.

Saiful Ilah juga berharap para pengurus KONI Sidoarjo dan para Cabor bisa menjalin hubungan harmonis. “Kalau ada satu saja yang tidak harmonis, akan menjadi beban bagi urusan olahraga di Sidoarjo,” tegas Abah Saiful, panggilan karib H Saiful Ilah.

Dalam raker, KONI Sidoarjo juga meneken MoU dengan sejumlah pihak. Yakni dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sidoarjo, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo dan SMAN Olahraga (SMANOR).

Untuk kerjasama dengan BNK Sidoarjo, KONI berharap para pengurus, Cabor, atlet bisa bebas narkoba. Dengan Unesa, KONI bakal meningkatkan mutu dan kualitas para atlet dengan memanfaatkan teknologi yang dikenal dengan istilah sport science.

Untuk kerjasama dengan Dikbud Sidoarjo, KONI berharap upaya pembinaan olahraga juga bersinergi dengan para pendidik, termasuk memberikan penghargaan bagi atlet berprestasi. Sedangkan dengan SMANOR, KONI berharap bisa memanfaatkan sejumlah fasilitas olahraga bagi para atlet asal Sidoarjo. (sta/rev)