Jaring Potensi Atlet hingga Desa, KONI Sidoarjo Bentuk KONI Kecamatan

Jaring Potensi Atlet hingga Desa, KONI Sidoarjo Bentuk KONI Kecamatan
KOORDINASI: Rakor persiapan KONI Kecamatan, di Aula Delta Karya Kantor Pemkab, Senin (28/8). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sidoarjo memfasilitasi pembentukan KONI kecamatan. Selain mengacu pada ADRT dan UU sistem keolahragaan Nasional, KONI kecamatan diharapkan sebagai wadah menjaring potensi atlet hingga tingkat desa.

Pembentukan KONI kecamatan ini diawali dengan rakor bersama perwakilan dari 18 Kecamatan se-Sidoarjo, di Aula Delta Karya Kantor Pemkab, Senin (28/8).

Ketua Umum KONI Sidoarjo, M Franki Effendi berharap KONI Kecamatan nantinya bisa menjaring potensi atlet hingga desa-desa, pada semua cabang olahraga (cabor). “Selama ini ada keadilan yang tidak merata, karena penjaringan fokus pada perkotaan. Sedangkan di daerah pinggiran terabaikan. Padahal banyak potensi di sana (kawasan pedesaan),” cetus Franki.

Kata Franki, melalui KONI Kecamatan, nantinya potensi atlet di 18 Kecamatan bakal terjaring. Melalui KONI Kecamatan, KONI Sidoarjo juga bakal ikut melakukan pembinaan pada atlet bekerjasama dengan klub maupun pengurus cabor.

“Saya berharap Koordinator KONI Kecamatan bisa bekerjasama dengan KONI Sidoarjo,” tandas pria yang juga wirausahawan ini.

Franki menyatakan, pembentukan KONI Kecamatan juga sebagai penopang kekuatan sumberdaya atlet karena mengakar hingga tingkat kecamatan dan desa. “Saya umpamakan, pohon itu nampak hijau, rindang, karena akarnya kuat. Nah kekuatan itu sebenarnya berada di desa maupun di kecamatan,” jlentrehnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Sidoarjo, Djoko Supriyadi mengatakan pihaknya sangat mendukung pembentukan kordinator KONI Kecamatan, karena sangat bermanfaat bagi generasi muda.

“Generasi muda bisa menyalurkan bakatnya di bidang olahraga sehingga berkesempatan mengharumkan nama bangsa Indonesia. Kegiatan ini juga sangat positif. Mereka generasi muda bisa mengisi waktu luangnya dan apabila berhasil, bisa mengharumkan nama bangsa,” cetus Djoko. (sta/rev)